| 0 komentar ]

Buat yang belum tau apa itu alexa, ini sedikit definisi dari Alexa: Alexa itu salah satu website yang menyediakan service informasi ranking trafik dari suatu website di internet. Alexa menghitung ranking website ini dengan menganalisa pengguna website dari jutaan user yang menggunakan Alexa ToolBar, dan juga datanya diambil dari berbagai sumber data yang lain. Informasi ini kemudian digunakan untuk mendapatkan ranking website yang tersedia di website alexa.
Di dunia internet, Selain PR (page rank) milik google, Alexa juga bisa digunakan sebagai alat tambahan untuk mengetahui berapa banyak sebenarnya traffic dari suatu website.
Di website Alexa, kita bisa mendapatkan report ranking trafik internet website ini dengan range 7 hari, 1 bulan,3 bulan, 6 bulan dan maksimum range. Informasi Trafiknya meliputi Reach, Rank, dan Pageview.

-Apa itu Rank?

Rank di hitung berdasarkan data selama 3 bulan dari data yang dikumpulkan dari pengguna alexa tool bar dan sumber data lainnya. kemudian digabung dengan page view dan reach.

-Apa itu Reach?

Reach menghitung jumlah users. Biasanya dalam bentuk persentase dari seluruh pengguna internet yang mengunjungi site tertentu. Sebagai contoh: jika site irupiah.com mempunyai reach 10%, itu berarti dari seluruh pengguna internet yang datanya berhasil digunakan oleh alexa, 10% dari user itu mengunjungi site irupiah.com

-Apa itu Page View?

Pageview memberikan informasi jumlah halaman yang diakses oleh user. Jika ada satu halaman yang sama, diakses oleh satu user berkali kali di hari yang sama, akan dihitung sebagai 1 page view.
Alexa juga menyediakan Alexa toolbar, yang bisa didownload sini : Alexa Toolbar
Sengaja saya jelaskan apa itu alexa di postingan ini agak mendasar, karena di postingan selanjutnya saya akan coba menulis Tips untuk meningkatkan ranking Alexa website anda.

Artikel Terkait



0 komentar

Posting Komentar